Pengantar Trigonometri - Kelas Adem Pengantar Trigonometri - Kelas Adem

Sabtu, 28 Januari 2017

Pengantar Trigonometri

Pengertian Trigonometri


Trigonometri berasal dari dua kata pada bahasa Yunani, yaitu trígōnon (segitiga) dari treîs/tri (tiga) + gonia (sudut) dan metrein/métron (pengukuran)
Trigonometri berhubungan dengan segitiga. Memahami trigonometri dapat dimulai dengan memperhatikan suatu segitiga siku-siku. Perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku terhadap salah satu sudut lancipnya dikenal dengan perbandingan trigonometri. Diperoleh enam perbandingan trigonometri yang diberi nama sinus, cosinus, tangen, cotangen, secan, dan cosecan.

Video berikut menjelaskan tentang apa trigonometri itu.


https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/9/9d/Circle-trig6.svg/350px-Circle-trig6.svg.png
Untuk membahas perbandingan trigonometri dari sudut yang tidak lancip (sembarang besar sudut) dapat dengan menggunakan unit lingkaran satuan. Hal ini dengan memperhatikan posisi atau koordinat titik yang terletak pada lingkaran. Misalkan titik A terletak pada lingkaran yang berpusat di O(0,0) dan berjari-jari 1 satuan serta θ adalah sudut yang dibentuk oleh OX+ dan OA. Koordinat titik A terkait dengan perbandingan trigonometri untuk sudut θ, yaitu A(cos θ, sin θ). Perihal ini dapat dilihat pada pembahasan pada materi Perbandingan Trigonometri.


Penggunaan Trigonometri

Trigonometri digunakan untuk mendeskripsikan suatu fungsi. Penggunaan trigonometri dapat ditemukan dalam permasalahan yang melibatkan manipulasi aljabar atau analitis. Permasalahan menentukan kesamaan trigonometri dan penyelesaian persamaan trigonometri. Pada blog ini hanya akan membahas lingkup materi trigonometri di SMA. Pada sesi ini lebih khusus lagi, yaitu untuk kelas X. Penggunaan trigonometri yang akan dibahas yang berkaitan dengan permasalahan geometri, yaitu yang berhubungan dengan bidang datar segitiga.

Permasalahan yang dapat dimodelkan menjadi permasalahan menentukan panjang sisi atau besar sudut suatu segitiga dapat diselesaikan dengan trigonometri.
Contohnya:
a. Menentukan tinggi
b. Menentukan lebar
c. Menentukan panjang

Ruang Lingkup

  1. Pengukuran sudut
  2. Perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku dan untuk sudut di berbagai kuadran
  3. Koordinat kutub
  4. Hubungan perbandingan trigonometri
  5. Aturan sinus dan aturan cosinus
  6. Fungsi Trigonometri

Muchamad Eka Djuniar Arifien (Adem)

About Muchamad Eka Djuniar Arifien (Adem)

Guru Matematika di SMAN 1 Majalengka sejak tahun 2000. Pada tahun 1990 s.d. 2000 bertugas di SMAN 4 Tasikmalaya. Saat di Tasikmalaya sempat menjadi guru di Ibnu Siena, SMA Cipasung, dan SMA PGRI Singaparna.

1 komentar:

Write komentar